Thursday, May 23, 2013

Pengertian Preposition


  • Preposition adalah kata yang dikombinasikan dengan noun atau pronoun, membentuk phrase (frasa) yang menerangkan verb, noun, atau adjective. Noun atau pronoun tersebut berperan sebagai object of preposition.
  • Preposition merupakan satu dari delapan part of speech yang berfungsi menunjukkan hubungan antara object of preposition dengan elemen kata lain di dalam suatu kalimat. Apa itu object of preposition? yaitu objek yang mengikuti preposition tersebut dimana dapat berupa nounpronoungerund, atau noun substitute (noun clause).
  • At, in, on, above, dan below antara lain merupakan common preposition  (preposition yang sering digunakan dalam bahasa inggris).

Macam-Macam Preposition

Preposition dan object of preposition membentuk prepositional phrase. Dalam membentuk prepositional phraseobject of preposition dapat berupa petunjuk waktu dengan menggunakan preposition of time (at night, after lunch, during the storm), dapat berupa petunjuk tempat atau posisi dengan menggunakan preposition of place and position (among his friends, inside my PC, outside the auditorium), atau dapat berupa petunjuk arah pergerakan dengan menggunakan preposition of movement (towards the post office, go up stairs, out of the hall).

Kombinasi Preposition

Preposition dapat dihadirkan dalam satu kata, yaitu one word preposition, maupun gabungan antara prepositions atau kelas kata lain, yaitu complex preposition. Kelas kata lain yang yang dapat berupa noun, adjective, maupun verb, diposisikan sebelum atau diantara dua preposition.
Gabungan antara noun dan preposition membentuk noun phrase (noun+preposition), adjective dengan prepositions membentuk adjective phrase (adjective+preposition), sedangkan verb dengan prepositions membentuk verb phrase (verb+preposition).

Preposition vs Conjunction

Ada beberapa kata yang mungkin membingungkan, mana yang subordinate conjunction dan mana yang preposition karena kemiripan struktur dan/atau maknanya.  Contohnya antara lain: afterbeforesince, dan until yang dapat digunakan baik sebagai subordinate conjunction maupun preposition.
Semoga tulisan pengertian dan macam-macam preposition ini bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan. Feel free to comment! :).

References:

  1. Prepositions: Locators in Time and Place. http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/prepositions.htm. Accessed on February 3, 2013.
  2. Parts of Speech Overview. http://owl.english.purdue.edu/owl/resource/730/1/. Accessed on February 3, 2013.
  3. What is a Preposition? http://www.writingcentre.uottawa.ca/hypergrammar/preposit.html. Accessed on February 3, 2013.
Adapted : http://www.wordsmile.com/prepositions-introduction

0 comments:

Post a Comment

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |