Monday, May 13, 2013

Pengertian Sasak Lombok



A.   Pendapat-Pendapat tentang Arti dan Makna Sasak Lombok
Sasak dan Lombok memiliki arti yang beraneka ragam, adapun Sasak dan Lombok dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Dari sumber lisan  : Sasak karena zaman dahulu ditumbuhi hutan belantara yang sangat rapat.
  2. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa : Sasak diartikan buluh bambu atau kayu yang di rakit menjadi satu.
  3. Kitab Negarakertagama (Decawanana).  Sasak dan Lombok dijelaskan bahwa Lombok Barat disebut Lombok Mirah dan  Lombok Timur disebut Sasak Adi.
  4. Dr.C.H. Goris : Sasak berasal dari bahasa Sansekerta (Sak = pergi dan Saka = asal). Jadi orang Sasak adalah orang yang meninggalkan negerinya dengan menggunakan rakit sebagai kendaraannya. Orang yang pergi tersebut dimaksudkan adalah orang Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya silsilah para bangsawan dan juga hasil sastra digubah dalam bahasa Jawa Madya dan berhuruf Jejawan (huruf Sasak).
  5. Dr Van Teeuw dan P. De Roo De La Faille : Sasak berasal dari pengulangan tembasaq (kain putih) yaitu saqsaq sehingga menjadi Sasak dan Kerajaan Sasak berada disebelah barat daya.
  6. Ditjen Kebudayaan Propinsi Bali  : di Pujungan Tabanan Bali terdapat sebuah tongtong perunggu yang dikeramatkan bertuliskan “Sasak dana prihan, srih javanira”. Tong tong itu di tulis setelah Anak Wungsu (sekitar abad ke-12).
  7. Dalam babad Sangupati, Lombok terkenal dengan nama Pulau Meneng (sepi).
  8. Steven van der Hagen, : Pada tahun 1603 di Labuan Lombok banyak beras yang murah dan hampir setiap hari di kirim ke Bali sehingga pelabuhan Lombok dipopulerkan menjadi Lombok
             Sampai akhir abad ke-19, pulau Lombok terkenal dengan nama Selaparang. Kerajaan ini semula bernama Watu Parang kemudian berubah menjadi Selaparang. Dalam suatu memori tentang kedatangan Gajah Mada di Lombok, waktu itu pulau Lombok disebut Selapawis (bahasa kawi : sela berarti batu dan pawis berarti ditaklukan). Jadi Selapawis berarti batu yang ditaklukan.
B.   Sasak dan Lombok Sebuah Satu Kesatuan
Sasak dan Lombok mempunyai kaitan yang erat sehingga tidak dapat dipisahkan. Ia terjalin menjadi satu yang berasal dari kata ” Sa’sa’ Lombo”. Kata sa`= satu dan lombo` = lurus. Dengan demikian, Sasak Lombok berarti satunya lurus atau ”satu-satunya kelurusan”. 
Orang Sasak Lombok  artinya orang yang menjunjung tinggi kelurusan dan selalu memegang teguh kejujuran.

 Selanjutnya dijelaskan arti dan makna Sasak Lombok ditinjau dari beberapa segi, antara lain :

1.     Segi Bahasa.
Bahasa Sasak sangat sederhana, paling banyak hanya terdiri dari  dua suku kata. Cukup dengan menambahkan kata ”timur” atau  “barat”, dan ”Utara atau Selatan” Contoh Mamben Lau’, Mamben Deye. Kemudian apabila di tempat  itu berdiri sebuah pohon, misalnya pohon  asam maka dusun yang dicarikan nama itu, cukup dinamakan dengan ”Dasan Bagik” (bagik = asam).
2.     Segi keyakinan dan bermasyarakat
Suku Sasak bersandar pada Sa’sa’ Lombo’, sebagai sesuatu yang diyakini. Hal ini berpengaruh positif dalam hidup dan kehidupannya. Adapun sikap-sikap yang dimaksudkan dalam hidup beragama yaitu
  • Penyerahan diri kepada Tuhan (Tauhid).
  • Taat kepada Tuhan
  • Taat kepada pemerintah
  • Taat kepada orang tua.
Suku Sasak sangat teguh memegang apa yang diajarkan sebelumnya begitu pula dalam hidup bermasyarakat seperti :
  • Penyebaran Islam pada tingkat permulaan hanya yang shalat para mubalig, karena mereka sangat taat dengan ajaran yang sudah diterimanya dari guru yang pertama tadi. Hal ini terbukti pada masyarakat yang dinamakan ”Islam Waktu Telu”.
  • Penduduk Lombok sangat  taat kepada orang tua (ibu bapak atau orang yang lebih dewasa). Jika orang tua telah memiliki pendapat atau saran, maka yang lainnya harus ikut pendapat atau saran tersebut.
            Kejujuran atau kesederhanaan mereka beranggapan bahwa orang yang lebih tua dan patut lebih dihormati itu tidak akan membohonginya. Itulah yang menjadi dasar bagi masyarakat  ”Waktu Telu”  pada masa transisinya, bahwa untuk menjalankan syari’at agama, lebih banyak diserahkan pada para Kiyai dan Pemangkunya.
3.     Segi ketaatan kepada pemerintah.
Kesederhanaan orang Sasak dalam menjalankan ajaran agamanya ”taat kepada Tuhan, taat kepada Rasul  dan taat kepada pemerintah”. Dalam hal ini nampak kelemahan bagi mereka yang bulat-bulat menyerahkan persoalannya kepada seorang pemimpin. Kalaupun ada yang kemudian ternyata menipunya, mereka juga tidak akan memberikan reaksi yang berlebih-lebihan. Paling-paling mereka akan menggerutu dalam bahasa sasak mengatakan : ”Ia penje ia penjahit, ia pete ia dait, bagus pete bagus tedait, lenge pete lenge tedait”.
Dari penjelasan tersebut di atas maka dapat disimpulkan nama suku dan pulau ini berasal dari ”Sa’sa’Lombo” menjadi Sasak Lombok yang artinya satu-satunya kelurusan.  Dengan demikian orang Sasak Lombok adalah orang-orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran (kelurusan).
_________________________________________________________________________
Sumber : Bahan Ajar Muatan lokal gumi sasak untuk SD/MI Kelas V oleh H. Sudirman dkk.

0 comments:

Post a Comment

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |