Senin, 13 Mei 2013

Kerajaan Tertua di Gumi Sasak



Informasi tentang kerajaan Lombok, karena sumbernya yang sangat kurang sehingga timbul beberapa pendapat. Adapun pendapat itu antara lain :
  1. Menurut Babad Lombok kerajaan tertua di Lombok terletak di Desa Lae’ diperkirakan di sekitar Sambelia. Beberapa tahun pindah dan membangun negeri baru yang disebut Pamatan di Kecamatan Aikmel. Ketika meletusnya Gunung Rinjani penduduk kerajaan ini terpencar-pencar anatara lain ada yang ke Batu dendeng kemudian  Suwung yang terletak di sebelah Utara Perigi rajanya Batara Indra. Setelah itu Kerajaan Lombok.
  2. Sumber lain mengatakan bahwa setelah kerajaan Lombok dihancurkan oleh tentara Majapahit, Raden Maspahit melarikan diri ke dalam hutan, dan sekembalinya tentara itu Raden Maspahit membangun kerajaan baru yang bernama Batu Parang yang kemudian terkenal dengan nama Selaparang.
  3. Sumber lain mengatakan bahwa pada abad ke XIII disebutkan Kerajaan Perigi yang dibangun oleh sekelompok transmigran dari Jawa di bawah pimpinan Prabu Inopati. Ketika Majapahit mengirimkan ekspedisinya ke pulau Bali tahun 1343 diteruskan ke Lombok di bawah pimpinan Empu Nala, untuk menaklukkan Selaparang. Setelah ditaklukkan Gajah Mada datang ke Lombok yang dikenal dengan nama Selapawis. Kedatangan Gajah Mada ke Lombok ditulis dalam sebuah memori yang disebut Bencangah Pinan. Sejak kehancuran Selaparang Hindu, di pulau Lombok timbul kerajaan-kerajaan kecil, diantaranya kerajaan Mumbul yang berpusat di Labuhan Lombok.
  4. Kira-kira pada abad IX – abad ke XI di Lombok berdiri satu kerajaan bernama kerajaan Sasak (diketahui dari kentongan perunggu di Punjungan Tabanan). Mengenai bentuk dan bentuk susunan pemerintah kerajaan ini tidak diketahui dengan pasti, justru kentongan tersebut merupakan peringatan kemenangan Negara Sasak atas Bali yang kira-kira dibuat setelah jaman Anak Wungsu (1077).
  5. Kerajaan Kedaro merupakan kerajaan yang terletak di Belongas, rajanya bernama Ratu Maspanji berasal dari Jawa, kemudian pindah ke Pengantap dengan nama kerajaan Samarkaton. Peninggalan kerajaan ini ialah pakaian kerajaan berupa pakaian yang disimpan oleh Amaq Darminah di Belongas, demikian pula alat-alat upacara seperti gong saat ini masih tersimpan di Penujak. Kerajaan ini berakhir, ketika terjadi serangan dari kerajaan Langko dipimpin oleh Patih Singarepa dan Patih Singaulung.

Sumber : Bahan Ajar Muatan lokal gumi sasak untuk SD/MI Kelas IV oleh H. Sudirman dkk.

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |