By. Mudzakkir Hafidh
SALAM
SUKSES GURU INDONESIA, PERKENANKANLAH SAYA BERBAGI ILMU TENTANG MODEL
PEMBELAJARAN PAKEM, MATERI INI SAYA PEROLEH DARI PELATIHAN DI BALAI DIKLAT DEPAG JATIM
DAN JUGA DARI HASIL SHARING BERSAMA TEMAN GURU YANG JUGA TELAH
MENGIKUTI PEMBELAJARAN SAMA DI SEBUAH LEMBAGA PELATIHAN PENDIDIKAN
Diantara model pembelajaran PAKEM antara lain :
1. Listening Team
2. Point Conterpoint
Bagaimana 2 model pembelajaran PAKEM ini dijalankan, selamat membaca
1. Listening Team
Langkah-langkah metode tim pendengar:
- Bagilah peserta didik menjadi 4 team dan berilah team-team ini dengan tugas-tugas sebagai berikut:
Team | Peran | Tugas |
A | Penanya | Merumuskan pertanyaan |
B | Pendukung | Menjawab pertanyaan yang didasarkan pada poin-poin yang disepakati (membantu dan menjelaskannya, mengapa demikian |
C | Penentang | Mengutarakan poin-poin yang tidak disetujui atau tidak bermanfaat dan menjelaskan mengapa demikian |
D | Penarik Kesimpulan | Menyimpulkan hasil |
b. Penyaji memaparkan laporan hasil
penelitiannya, setelah selesai beri waktu kepada tiap kelompok untuk
menyelesaikan tugas sesuai dengan perannya masing-masing.
2. Point-Counterpoint
Langkah-langkah metode pembelajaran point-counterpoint adalah:
- Pilihlah isu-isu yang mempunyai beberapa perspektif
- Bagilah siswa ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah perspektif yang telah ditentukan.
- Minta masing-masing kelompok menyiapkan argumen-argumen sesuai dengan pandangan kelompok yang diwakili. Dalam aktivitas ini, pisahlah tempat duduk masing-masing kelompok.
- Kumpulkan kembali semua siswa dengan catatan, siswa duduk berdekatan dengan teman-teman satu kelompok.
- Mulai debat dengan mempersilakan kelompok mana saja yang akan memulai.
- Setelah salah seorang siswa menyampakan satu argumen sesuai dengan pandangan kelompoknya, mintalah tanggapan, bantahan atau koreksi dari kelompok lain perihal issu yang sama.
- Lanjutkan proses ini sampai waktu yang memungkinkan.
- Rangkum debat yang baru saja dilaksanakan dengan menggarisbawahi atau mungkin mencari titik temu dari argumen-argumen yang muncul.
_________________________
sumber : http://ideguru.wordpress.com/2010/04/19/model-pembelajaran-pakem-seri-i/
0 comments:
Post a Comment