Salam sukses guru madrasah, saat ini kita akan mempelajari Model-Model Pembelajaran PAKEM ke-6.
A. Team Quiz
Langkah-langkah metode kuis berkelompok adalah:
- Pilihlah topik yang dapat disampaikan dalam tiga bagian.
- Bagilah siswa menjadi tiga kelompok yaitu A, B, dan C.
- Sampaikan kepada siswa format penyampaian pelajaran kemudian mulai penyampaian materi. Batasi penyampaian materi maksimal 10 menit.
- Setelah penyampaian, minta kelompok A menyiapkan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan materi yang baru saja disampaikan. Kelompok B dan C menggunakan waktu ini untuk melihat lagi catatan mereka.
- Mintalah kepada kelompok A untuk memberi pertanyaan kepada kelompok B. Jika kelompok B tidak dapat menjawab pertanyaan, lempar pertanyaan tersebut kepada kelompok C.
- Kelompok A memberi pertanyaan kepada kelompok C, jika kelompok C tidak bisa menjawab, lemparkan kepada kelompok B.
- Jika tanya jawab selesai, lanjutkan pelajaran kedua dan tunjuk kelompok B untuk menjadi kelompok penanya. Lakukan seperti proses untuk kelompok A.
- Setelah kelompok B selesai dengan pertanyaannya, lanjutkan penyampaian materi pelajaran ketiga dan tunjuk kelompok C sebagai kelompok penanya.
- Akhiri pelajaran dengan menyimpulkan tanya jawab dan jelaskan sekiranya ada pemahaman siswa yang keliru.
B. Modeling the Way
Langkah-langkah metode modeling adalah:
- Setelah pembelajaran satu topik tertentu, carilah topik-topik yang menuntut siswa untuk mencoba atau mempraktekkan ketrampilan yang baru diterangkan.
- Bagilah siswa ke dalam beberapa kelompok kecil sesuai dengan jumlah mereka. Kelompok-kelompok ini akan mendemonstrasikan suatu ketrampilan tertentu sesuai dengan skenario yang dibuat.
- Berikan kepada siswa waktu 10-15 menit untuk menciptakan skenario kerja.
- Beri waktu 5-7 menit untuk berlatih.
- Secara bergiliran tiap kelompok diminta mendemonstrasikan kerja masing-masing. Setelah selesai, beri kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan masukan pada setiap demonstrasi yang dilakukan.
- Guru memberi penjelasan secukupnya untuk mengklarifikasi.
C. Silent Demonstration
Langkah-langkah metode pembelajaran demonstrasi bisu adalah:
- Tentukan prosedur atau langkah-langkah yang akan diajarkan kepada siswa.
- Mintalah kepada siswa untuk memperhatikan Anda mengerjakan prosedur tertentu. Lakukan dengan penjelasan atau komentar yang seminim mungkin. Tugas Anda di sini adalah memberikan gambaran visual tentang prosedur tersebut. Jangan terlalu berharap siswa akan banyak mengingat apa yang Anda kerjakan. Dalam kesempatan ini Anda hanya dituntut untuk membangun kesiapan belajar mereka.
- Bentuk siswa menjadi pasangan-pasangan. Demonstrasikan lagi bagian pertama dari prosedur, usahakan tidak terlalu banyak memberi penjelasan. Minta masing-masing pasangan untuk mendiskusikan apa yang mereka saksikan dari demonstrasi sang guru.
- Minta beberapa orang untuk menjelaskan apa yang Anda lakukan. Jika siswa masih kesulitan, ulangi lagi demonstrasi Anda. Komentari observasi yang benar.
- Akhiri dengan memberi tantangan kepada siswa untuk melakukan prosedur dari awal sampai akhir.
D. Practice-Rehearsal Pairs
Langkah-langkah metode pembelajaran praktek berpasangan adalah:
- Pilih satu ketrampilan yang akan dipelajari siswa.
- Bentuklah pasangan-pasangan. Dalam pasangan, buat dua peran yaitu penjelas atau pendemonstrasi dan pemerhati.
- Orang yang bertugas sebagai penjelas menjelaskan atau mendemonstrasikan cara mengerjakan ketrampilan yang telah ditentukan. Pemerhati bertugas mengamati dan menilai penjelasan atau demonstrasi yang dilakukan temannya.
- Pasangan bertukar peran. Demonstrator kedua diberi ketrampilan yang lain.
- Proses diteruskan sampai semua ketrampilan atau prosedur dapat dikuasai.
________________________
sumber : http://ideguru.wordpress.com/2010/04/25/model-model-pembelajaran-pakem-seri-6/#more-936
0 comments:
Post a Comment