Jumat, 07 Juni 2013

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PAKEM Ke-5


Model-model pembelajaran PAKEM seri 5 sebagai berikut :
Lihat juga   a. Seri 1 b. Seri 2 c. Seri 3 d. seri 4

1. Plantet Question


Langkah-langkah metode pembelajaran pertanyaan rekayasa adalah
  1. Pilihlah pertanyaan yang akan mengarahkan pada materi pelajaran yang akan disajikan. Tulislah tiga sampai enam pertanyaan dan urutkan pertanyaan tersebut secara logis.
  2. Tulislah setiap pertanyaan pada sepotong kertas (10 X 15 cm), dan tuliskan isyarat yang akan digunakan untuk memberi tanda kapan pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan. Tanda yang bisa digunakan diantaranya: -menggaruk atau mengusap hidung  -membuka kacamata  -membunyikan jari-jari dll
  3. Sebelum pelajaran dimulai, pilihlah siswa yang akan mengajukan pertanyaan tersebut. Berikan kertas yang telah dibuat dan jelaskan petunjuknya. Yakinkan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak diketahui oleh siswa lain.
  4. Bukalah sesi tanya jawab dengan menyebutkan topik yang akan dibahas dan berilah isyarat pertama. Kemudian jawablah pertanyaan pertama, dan kemudian teruskan dengan tanda-tanda dan pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
  5. Sekarang bukalah forum untuk pertanyaan baru (bukan yang sebelumnya disusun).
2. The Power of Two
Langkah-langkah metode ini sebagai berikut:
  1. Ajukan pertanyaan yang membutuhkan perenungan dan pemikiran.
  2. Minta mereka menjawab pertanyaan tersebut secara perorangan.
  3. Setelah semua menyelesaikan jawabannya, kelompokkan mereka berpasangan.
  4. Masing-maing pasangan diminta untuk saling menjelaskan jawaban masing-masing, kemudian menyusun jawaban baru yang disepakati bersama.
  5. Setelah masing-masing pasangan menulis jawaban mereka, perintahkan mereka membandingkan jawaban tersebut dengan pasangan lain.

3. Jigsaw Learning

Langkah-langkah pembelajaran model jigsaw adalah:
  1. Pilihlah materi pelajaran yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian (konsep).
  2. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah bagian (konsep). Jika jumlah siswa adalah 40 sementara jumlah konsep yang ada adalah 5, maka masing-masing kelompok terdiri dari 8 orang.
  3. Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi pelajaran yang berbeda-beda.
  4. Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompok.
  5. Kembalikan suasana kelas seperti semula tanyakan sekiranya ada persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok.
  6. Sampaikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi.

4. Peer  Lessons

Langkah-langkan belajar dari teman adalah:
  1. Bagilah siswa menjadi kelompok-kelompok kecil sebanyak konsep materi yang akan disampaikan.
  2. Tiap-tiap kelompok kecil diberi tugas untuk mempelajari satu topik materi, kemudian mengajarkannya kepada kelompok lain. Topik-topik yang diberikan harus yang saling berhubungan.
  3. Mintalah kepada setiap kelompok untuk menyiapkan strategi untuk menyampaikan materi kepada teman-teman sekelas. Sarankan kepada mereka untuk tidak menggunakan metode ceramah atau seperti membaca laporan.
  4. Buat beberapa saran seperti:
  • menggunakan alat bantu visual
  • menyiapkan media pembelajaran yang diperlukan
  • menggunakan contoh-contoh yang relevan
  • melibatkan teman dalam proses pembelajaran melalui diskusi, permainan, studi kasus dll
  • memberi kesempatan yang lain untuk bertanya
5. Berilah waktu yang cukup kepada siswa untuk melakukan persiapan, baik di dalam maupun di luar kelas.
6. Setiap kelompok menyampaikan materi sesuai tugas yang telah diberikan.
7. Setelah semua kelompok melaksanakan tugas, beri kesimulan dan klarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari pemahaman siswa.

Sukses selalu Guru Madrasah
+++++++++++++++++++++
sumber : http://ideguru.wordpress.com/2010/04/21/model-model-pembelajaran-pakem-seri-5/ 

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |