Tuesday, April 23, 2013

Cara Menghilangkan Mata Merah Saat difoto


Ketika asyik berfoto ria mungkin temen-temen pernah mengalami kondisi dimana foto yang kita dapatkan menunjukkan diri kita yang memiliki mata dengan warna merah. Dalam dunia fotografi hal ini disebut dengan efek mata merah (red eye effect). Fenomena ini merupakan fenomena yang biasa terjadi karena cahaya dari lampu flash mengenai pembuluh darah di belakang retina mata kemudian terpantul dan tertangkap oleh lensa kamera. Sederhananya, hal ini terkait dengan bagaimana cahaya flash dari kamera memantul dari mata. Tapi tidak perlu khawatir,pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi bagaimana mangatasi efek red eyes tersebut,ada beberapa cara dalam mengatasi kasus ini,berikut tutorialnya:
1. Pertama-tama kita masuk kedalam lembar kerja Photoshop.
2. Kemudian buka foto yang ingin edit dengan cara pilih menu File > Open atau Ctrl+O.

3. Buatlah seleksi dengan menggunakan Elliptical Marquee Tool (M) dan aktifkan option Add to Sellection pada area red eyes.

4. Pada pallet layer, klik Create New Fill or Adjustment Layer, kemudian pilih Channel Mixer… atau pilih menu layer > New Adjusment layer > Channel Mixer… klik OK hingga muncul kotak dialog channel Mixer. Pada kotak dialog centang option Monochrome dan masukan nilai Red : +40, Green : 0, Blue : 0

5. jika selesai klik OK dan lihat hasilnya,mata kita akan terlihat normal dan tidak ada efek merah lagi.
Atau cara yang lain menggunakan Color Replacement Tool (J).

Atur tolerance menjadi 100%,lalu klik pada erea mata merah.

Maka kita dapatkan mata yang normal tanpa efek merah.

Demikianlah cara untuk memecahkan kasus efek mata merah.Semoga tulisan saya yang singkat ini dapat bermanfaat bagi temen-temen,dan saya minta maaf jika terjadi kesalahan karena saya juga baru belajar. Manusia itu tidak luput dari kesalahan dan saya disini Hanya Ingin Berbagi. :-)
===================================================================
Adapted : http://irfanhandi.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |