Selasa, 22 Oktober 2013

Pengertian Descriptive Text


Inilah penjelasan dan contoh descriptive text untuk sobat yang sedang dan masih menempuh perjalanan panjang belajar bahasa Inggris. Tidak usah ragu untuk membaca tulisan descriptive text di bawah ini, semakin sering kita membaca semakin bisa kita memahaminya. Dan alangkah baiknya jika tidak saja paham, tapi juga bisa menulis descriptive text sendiri.


Mungkin sobat sudah "bosan" mempelajari narrative text, karena itu sekarang saatnya kita membahas descriptive text agar kepala kita tidak melulu berisi dongeng. Tidak lupa pula penjelasan mengenai descriptive text ini disertai contoh menarik tentang teks deskriptif yang semoga saja membantu sobat semua untuk bisa menulis descriptive text dengan baik.

Berikut adalah daftar materi tentang descriptive text yang bisa sobat pelajari :



Pengertian Descriptive Text


Dalam artian luas, Description, seperti dijelaskan oleh Kane (2000: 352), diartikan seperti pada kalimat di bawah ini :


Description is about sensory experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about visual experience, but description also deals with other kinds of perception.

Jadi, jika disimpulkan dari penjelasan Kane di atas, tulisan deskriptif bermakna teks yang menjelaskan tentang pengalaman yang berhubungan dengan pancaindera, seperti apa bentuknya, suaranya, rasanya. Kebanyakan teks deskriptif memang tentang pengalaman visual, tapi nyatanya pengalaman selain dari indera penglihatanpun bisa digunakan dalam descriptive text.


Namun secara khusus, descriptive text adalah, "...... is a text which says what a person or a thing is like. Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing." [teks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah mengambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu]

Jadi, bisa dikatakan bahwa descriptive text ini adalah teks yang menjelaskan tentang seperti apakah orang atau suatu benda dideskripsikan, baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Tujuan (purpose) dari descriptive text pun jelas, yaitu untuk menjelaskan, MENGGAMBARKAN atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.


Generic Structure dalam Descriptive Text


Ketika menulis descriptive text, ada beberapa susunan umum / generic structure (sebenarnya tidak wajib) agar tulisan kita dianggap benar. Susunan tersebut adalah :

Identification   : berisi tentang identifikasi hal / seorang yang akan dideskripsikan.
Description       : berisi tentang penjelasan / penggambaran tentang hal / seseorang dengan 
                             menyebutkan beberapa sifatnya.

Ketika kita menulis descriptive text, hal yang wajib kita ketahui adalah cara kita menyampaikan deskripsi tulisan kita tersebut. Oleh karena itu pemahaman tentang adjective (kata sifat bahasa Inggris) wajib kita kuasai.


Selain adjective, beberapa struktur bahasa Inggris yang berfungsi sebagai adjective pun harus kita pahami agar penulisan descriptive text kita terlihat tidak kaku.

source:http://www.englishindo.com/2012/07/descriptive-text.html#pengertian%20descriptive%20text

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |