Minggu, 02 Juni 2013

Wisata Kain Tenun Desa Sade


Lombok, Nusa Tenggara Barat belakangan ini menjadi salah satu pembicaraan hangat di Dunia Wisata Alam, apalagi sejak terdengarnya Wisata Kain Tenun Desa Sade. Ya! Selain memiliki banyak objek wisata alam dan laut seperti Gunung Rinjani, Pantai Pink, dll, ternyata Lombok juga memiliki Objek Wisata Seni yang bernama Desa Sade yang terkenal dengan seni dan kerajinan tangan menenun nya. Disini anda bisa melihat secara langsung proses menenun kain khas Lombok, karena hampir semua warga nya memiliki mata pencaharian yang sama yaitu menenun kain. 
Pulau Lombok, Nusa Tenggara barat memang tengah menjadi topik hangat dunia 'Travel' bisa jadi ini adalah 'The Next Pulau Bali' yang kaya akan tempat wisata nya. Tentu Objek Objek wisata tersebut bukan hanya wisata alam, laut, atau gunung saja, melainkan juga wisata Seni yang juga sangat patut untuk dikunjungi, tak terkecuali Wisata Seni yang terletak di Desa Sade, Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.
Kain Tenun merupakan salah satu kerajinan khas Indonesia, kain yang dihasilkan adalah kain batik tradisional yang bisa dijadikan sebagai sarung, bahan pakaian, dan masih banyak lagi. Nah, bagi anda yang penasaran dengan Proses Menenun Kain itu, mungkin Wisata Kain Tenun Desa Sade ini bisa menjadi salah satu tujuan liburan anda, karena di rata rata penduduk desa ini bekerja sebagai Penenun Kain.
Rute Menuju Desa Sade ini cukup mudah, letaknya satu jalur dengan Tanjung An dan Pantai Kuta. Masuk ke Desa ini anda akan melihat disetiap teras rumah warga, wanita-wanita 'tua' akan menyambut anda dengan senyuman khas mereka sembari menenun kain dengan tangan yang lihai, hasil tenunan tersebut tentu tak kalah saing dengan tenunan mesin modern. Selain itu Desa Sade ini juga memiliki lingkungan yang Asri, bangunan-bangunan nya terkesan sangat 'tradisional', dan tak hanya itu, Di Desa Sade ini anda juga melihat langsung Masjid Kuno peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini, dan selain sebagai tempat beribadah warga Desa Sade, Masjid ini juga dijadikan sebagai tempat menggelar Adat Maulid Nabi SAW.
Wisata Seni memang memiliki Daya Tarik tersendiri, dengan ada nya Wisata Seni seperti Desa Sade ini, maka Rasa Nasionalisme kita akan terus bertambah, juga kecintaan terhadap Produk Asli Indonesia. Tidak percaya ? Coba saja kunjungi Wisata Seni Desa Sade yang ada di Lombok ini.
______________________________________________________________
Sumber : http://manjemama.blogspot.com/2013/03/wisata-kain-tenun-desa-sade.html

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |