Sabtu, 01 Juni 2013

Sendang Gile


Air Terjun Sendang Gile


 Air terjun Sendang Gila (baca: Sendang gile’) berada tepat dibawah kaki gunung Rinjani. Salah satu gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia. Lokasinya berada diDesa Senaru. Yaitu sebuah desa dibagian Utara Pulau Lombok.

Dari Bandara Selaparang (Mataram), anda dapat menggunakan transport umum taksi, ataupun public transportation semacam angkot. Tapi untuk dapat sampai kelokasinya membutuhkan 2x angkot. Mataram-Tanjung dan dilankutkan dengan Tanjung-Senaru. Namun apabila anda ingin yang praktis cukup sewa mobil saja. Dengan waktu normal, perjalanan menuju desa Senaru dengan menggunakan mobil memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Cukup lama tapi gw yakin perjalanannya ga akan membosankan kok.

Ada dua jalur untuk sampai ke Desa Senaru. Melalui Senggigi atau melalui Pusuk. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalau melewati Pusuk, anda akan disuguhi pemandangan sawah dan hijaunya gunung-gunung di kanan kiri anda. Setelah itu perjalanan akan melalui jalan yang berkelok-kelok sambil menanjak (kalo ga biasa niscaya anda akan mabok darat hehe) sampai melewati puncaknya pusuk. Ketika melewati Puncaknya pusuk (biasanya disebut juga pusuk pass) anda akan melewati daerah wisata Pusuk, dimana sepanjang jalan akan terdapat monyet-monyet kecil. Tak perlu khawatir akan gangguan monyet-monyet ini. Karna monyet-monyet ini sungguh jinak. Tidak seperti di Sangeh-Bali atau di Uluwatu,dimana para wisatawan akan menjaga barang-barang mereka karena takut dirampas oleh monyet-monyet.

Biasanya para wisatawan akan menghentikan kendaraan mereka untuk bermain-main dengan monyet-monyet disepanjang jalan di pusuk ini. Ada juga yang ingin memberi makan, ataupun sekedar berfoto bersama. Atau pula menikmati indahnya pemandangan karna dari Pusuk ini anda dapat pula menyaksikan lingkar pantai barat Pulau Lombok.

Alternatif kedua adalah melewati Senggigi. Berjarak tempuh lebih jauh dan lebih lama bila dibandingkan melalui pusuk, namun jalur ini menjanjikan anda view pantai. Mulai dari Pantai meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Pantai Kerandangan, Pantai Malimbu sampai dengan melihat 3 pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Kalo menurut gw, idealnya sih kalo mau ke Sendang Gila lebih baik berangkatnya lewat Pusuk dan pulangnya lewat Senggigi. Coz’ pas perginya bisa menikmati hijaunya alam Lombok, n pulangnya bisa menikmati Pantai disepanjang jalan pulang. Apalagi kalau pulangnya sore, bisa liat Sunset kan.
Setelah sampai di Desa Senaru, disediakan tempat Parkir disana lengkap dengan warung-warung kecil yang menjajakan kopi, dan makanan. Disarankan untuk membawa makanan karna ntar di Air Terjunnya g ada yang jualan. Kan repot tuh kalo mo ngemil apalagi kalo kelaperan hehe..

Untuk memasuki Daerah Wisata Sendang Gile harus melewati Pintu Masuk dan membeli Tiket masuk. Ga mahal kok. Cukup Rp 2000 (terakhir sih segitu hehe). Sangat murah menurut gw. Abis beli tiket siap-siap dech untuk cape. Hahhh kok bisa??? Iya, coz kali ini jalannya asli gelo. Ratusan anak tangga, atau mungkin bahkan mencapai ribuan harus anda lalui untuk sampai ke air terjun Sendang Gila. Belum lagi naik turunnya yang gw yakin akan menyiksa lutut, pinggang dan nafas anda.

But, trust me. Even cape plus gempor en mungkin sedikit nyesel or kapok, semua akan tergantikan ketika anda tiba di air terjunnya. Air terjun yang sooo biutipul. Tinggi banget en debit airnya yang sangat kenceng jatuh ke bumi menghasilkan buncahan air yang sangat indah. Air terjun ini unik karna air yang jatuh dari tebing tidak langsung jatuh ke tanah. Tapi terhadang di tengah-tengah karna bagian bukitnya memiliki sisi yang menjorok keluar sehingga menahan air dan kemudian seperti penampungan sebelum air tersebut jatuh ke tanah. Jadi kalau dilihat seperti sebuah tangga air alami.
next destination is tiu kelep (sampe sekarang gw blm tau arti harfiahnya apa) or ada juga yang nyebut sendang gila II. Untuk sampe ke tiu kelep, kita harus menyewa penunjuk jalan(guide) yang disediakan di pintu masuk tadi. Atau kalo mau yang gratis ya bawa aja temen yang udah pernah ato juga nguntitin bule-bule yang pake penunjuk jalan tadi hehehe.. nice trick kan . Soalnya kalo ga tau jalannya mustahil menurut gw sampe ke tiu kelep itu. Karna jalannya menuju kesana sulit. Selain tidak ada penunjuk jalan sedikit pun (lagi-lagi). harus melewati tangga yang sangat curam, jembatan “fear factor”, sungai dengan arusnya, hutan kecil dan juga bebatuan.
setelah melalui “tantangan” ala fear factor bahkan takeshi catle tadi kita akan menyaksikan air terjun yang lebih keren lagi.


oiya..jangan lupa mandi-mandi disana yaa, coz kata orang mitosnya sih mandi-mandi disana bisa membuat semua penyakit hilang en lagi katanya membuat awet muda. hehehhe…interesting isnt it? yaaa.. bole percaya bole ngga sih. Tapi masa sehhh dah jauh-jauh en ga gampang to reach this place trus ga mandi-mandi. (Guru Madrasah)
____________________________________________________
Sumber : http://semuatentanglombok.blogspot.com/2009/06/air-terjun-sendang-gile.html

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |