Friday, June 7, 2013

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PAKEM Ke-8


By. MUDZAKKIR HAFIDH
Saya masih semangat saling berbagi ilmu dari berbagai pelatihan, terutama dalam hal pembelajaran inovatif ala PAKEM. Mari kita pelajari bersama materi kita ini, selanjutnya mari kita praktekkan. SELAMAT MENCOBA

A. Every One is  A Teacher Here

Metode “setiap orang adalah guru” merupakan cara tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan maupun individual. Metode ini memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya. Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
a. Bagikan secarik kertas/kartu indeks kepada seluruh siswa. Setiap siswa diminta untuk menuliskan satu pertanyaan tentang materi pembelajaran yang sedang dipelajari di kelas (misalnya tugas membaca) atau sebuah topik khusus yang akan didiskusikan di dalam kelas.
a. Kumpulkan kertas, acak kertas tersebut kemudian bagikan kepada setiap siswa. Pastikan bahwa tidak ada siswa yang menerima soal yang ditulis sendiri. Mintalah kepada siswa untuk membaca dalam hati pertanyaan dalam kertas tersebut kemudian mintalah kepada mereka memikirkan jawabannya.
b.Mintalah kepada siswa secara sukarela untuk membacakan pertanyaan tersebut dan menjawabnya.
  1. Setelah jawaban diberikan, mintalah kepada siswa lainnya untuk menambahkan.
  2. Lanjutkan dengan sukarelawan berikutnya.

B. Index Card Match

Metode “mencari pasangan kartu” cukup menyenangkan digunakan untuk mengulangi materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya. Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut
  1. Buatlah potongan-potongan kertas sebanyak jumlah siswa yang ada di dalam kelas.
  2. Bagilah kertas-kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama
  3. Pada separo bagian, tulis pertanyaan tentang materi yang akan dibelajarkan. Setiap kertas bersisi satu pertanyaan.
  4. Pada separo kertas yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat.
  5. Kocoklah semua kertas sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
  6. Setiap siswa diberi satu kertas. Jelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan. Separoh siswa akan mendapatkan soal dan separo yang lain akan mendapatkan jawaban.
  7. Mintalah kepada siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah menemukan pasangan, mintalah kepada mereka untuk duduk berdekatan. Jelaskan juga agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain.
  8. Setelah semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, mintalah kepada setiap pasangan secara bergantian untuk membacakan soal yang diperoleh dengan keras kepada teman-temannya yang lain. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangannya.
  9. Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan.

C. Guided Teaching

Langkah-langkah pembelajaran “panduan mengajar” adalah
  1. Sampaikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pikiran dan kemampuan yang mereka miliki. Gunakan pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban.
  2. Berikan waktu beberapa menit untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan. Anjurkan kepada mereka untuk bekerja berdua atau dalam kelompok kecil.
  3. Mintalah kepada siswa untuk menyampaikan hasil jawaban mereka dan catat jawaban-jawaban yang mereka sampaikan. Jika memungkinkan tulis di papan tulis dengan mengelompokkan jawaban mereka dalam kategori-kategori yang nantinya akan Anda sampaikan dalam pembelajaran.
  4. Sampaikan poin-poin utama dari materi Anda dengan ceramah yang ineraktif.
  5. Mintalah kepada siswa untuk membandingkan jawaban mereka dengan poin-poin yang telah Anda sampaikan. Catat poin-poin yang dapat memperluas bahasan materi Anda.
Salam sukses Guru Madrasah Indonesia
______________________________
sumber : http://ideguru.wordpress.com/2010/04/25/model-model-pembelajaran-pakem-seri-8/

0 comments:

Post a Comment

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |