Thursday, June 6, 2013

Kreasi Bunga dari Sedotan


Bunga dari Sedotan

Bunga Sedotan...banyak yang bilang kalo Bunga Sedotan itu bunga yang "murahan" karena terbuat dari sedotan yang memang "murah meriah". Tapiii... murah meriah itu  gak harus murahan kan...Kerajinan ini sebenarnya kerajinan tangan yang udah "jadul", tapi masih ada saja ketika orang pertama kali melihat kerajinan tangan Bunga Sedotan ini langsung nanya, "Bunganya di buat dari apa?"...dan reaksi mereka cukup takjub, ketika saya bilang bunga ini dari sedotan. Saya pernah menerbitkan sebuah buku pada tahun 1995 dengan judul "BUNGA CANTIK DARI SEDOTAN", penerbitnya: Puspawara.







Alat-alat untuk membuat Bunga Sedotan
Alat-alatnya sederhana dan mudah di dapat, seperti gunting, tang, kawat tembaga, dan ada 2 bahan khusus yaitu sisir sedotan dan jarum suntik. Kedua bahan khusus ini, sekarang memang sudah agak jarang di jual, sehingga sisir  sedotan dapat di ganti dengan penggaris besi yg ujung siku-sikunya tajam, dan jarum suntik dapat di ganti dengan jarum pentul.
1. Gunting untuk memotong sedotan menjadi beberapa bagian, sesuai besar bunga yang akan di buat.
2.  Tang untuk memotong kawat dan batang pohon plastik.
3. Kawat tembaga untuk mengikat kelopak-kelopak bunga, menyatukannya menjadi bunga yang utuh.
4. Sisir sedotan untuk membuat alur-alur pada kelopak bunga sehingga bunganya terlihat alami.
5. Jarum Suntik untuk melubangi kelopak bunga, dan memudahkan kawat mudah masuk.

Sedotan untuk Bunga Sedotan 

Sekarang, mengenai sedotannya. Sebenarnya ada sedotan khusus untuk membuat bunga sedotan, bentuknya sih sama...ya bulat panjang gitu, tapi sedotan untuk bunga sedotan ini bahannya lebih lembut,  lebih tebal, diameternya lebih besar, dan bahannya tidak se transparants sedotan minuman. Tapi, kalo ingin memakai sedotan minuman ya gak masalah sih...cuma kelopak bunganya, jadinya lebih sempit dan lebih cocok di pakai untuk bunga-bunga kecil.


Selain alat-alat dan sedotan, masih ada bahan pendukung lain seperti bermacam-macam batang dan putik.




 Baca Juga Cara Membuat Bunga dari Sedotan


sumber : http://kreasi-kerajinantanganku.blogspot.com/p/bunga-dari-sedotan_08.html

0 comments:

Post a Comment

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |