Minggu, 02 Juni 2013

Objek Wisata : Danau Segara Anak



Danau Segara Anak. Tidak diragukan lagi bahwa Pulau Lombok yang bertetangga dengan Pulau Bali ini memiliki banyak sekali tujuan wisata yang sangat indah. Selain pantai dan keindahan bawah lautnya, Lombok mempunyai objek wisata alam sekaligus petualangan yaitu Gunung Rinjani. Nah, di puncak gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter dpl, terdapat sebuah danau yang sangat indah, yaitu Danau Segara Anak.
Memang tidak mudah untuk mencapai lokasi danau yang berada pada ketinggian lebih dari 2.000 meter dpl ini apalagi untuk orang awam yang bukan seorang pecinta alam atau pendaki gunung. Membutuhkan waktu selama 9 jam berjalan kaki dan mendaki untuk menuju ke Danau Segara Anak ini. Berikut rute menuju Danau Segara Anak :
  • Mataram - Selong - Sambelia - Sembalun Lawang (140 km) sekitar 4,5 jam dengan mobil. Dilanjutkan berjalan kaki ke danau memerlukan waktu 9 jam (25 km). 
  • Mataram - Bayan - Senaru (82 km) sekitar 2,5 jam, lanjut jalan kaki ke danau sekitar 9 jam (25 km).
  • Mataram - Bayan - Torean (85 km) sekitar 2,5 jam, dilanjutkan jalan kaki ke danau selama 7,5 jam.

Mencari Ikan 
Danau Segara Anak memiliki luas 1.100 hektar dengan kedalaman 230 meter. Suhu udara yang sejuk dan dingin serta pemandangan danau dengan air yang jernih, membuat mata tak bosan-bosannya untuk menatap. Meskipun danau ini berada pada ketinggian yang cukup, namun suhu air di danau ini tidak begitu dingin, hal ini dikarenakan oleh aktivitas vulkanik yang terjadi di dalam perut bumi di bawah danau tersebut. 

Gunung Baru Jari Di Tengah Danau
Di tengah-tengah Danau Segara Anak terbentuk kerucut baru yang diberi nama Gunung Baru Jari yang meletus terakhir tahun 2004 silam. Danau ini memiliki banyak ikan yang hidup di dalamnya, seperti ikan mas dan ikan mujair. Di tepi danau biasanya para pendaki mendirikan tenda sambil menikmati keindahan danau ini.
Setiap tahunnya di danau ini diadakan upacara adat, baik yang dilakukan oleh masyarakat yang beragama Hindu maupun oleh suku Sasak. Masyarakat Hindu Bali pun mengadakan upacara adat 2 kali selama setahun di danau ini.
Sumber Air Panas
Di sekitar danau terdapat sumber air panas yang memiliki tingkat panas yang berbeda-beda. Di sekitar mata air panas ini sudah dipetak-petak berdasarkan tingkat panasnya. Memanjakan tubuh  dengan berendam atau sekadar mencelupkan kaki ke dalam air panas adalah hal yang paling ampuh dan mujarab untuk menghilangkan rasa penat dan pegal-pegal setelah tracking panjang. Konon masyarakat Sasak mempercayai bahwa kolam air panas ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit.

Gambar Danau Di Uang Rupiah
Karena keindahannya inilah, Danau Segara Anak sempat tercetak di uang rupiah pecahan 10.000 keluaran tahun 1998. Berani berpetualang ke Gunung Rinjani untuk menyaksikan Danau Segara Anak?. Siapkan diri dan dana yang cukup karena mudah dan murah menuju objek wisata yang satu ini, namun kenikmatannya sebanding dengan tenaga dan biaya yang dikeluarkan.
________________________________________________________________
Sumber : http://balibackpacker.blogspot.com/2012/11/danau-segara-anak-di-gunung-rinjani.html

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |