Kamis, 02 Mei 2013

Tips Menjaga Akun Facebook


Facebook
Tips Menjaga Akun Facebook - Cara menjaga akun facebook atau tips/cara menjaga keamanan akun facebook/agar akun facebook selalu aman atau tips menghindari pencurian akun facebook - Di zaman modern ini, perkembangan dunia maya memang bisa dikatakan sangat pesat, misalnya perkembangan para mesin pencari seperti google atau yahoo, disamping itu, perkembangan situs jejaring sosial seperti facebook atau twitter juga sangat pesat. Namun dibalik itu semua, seiring dengan perkembangan tersebut, para pelaku tindak kejahatan kriminal internet juga selalu mengintai kelemahan-kelemahan yang dari situs jejaring sosial tersebut, misalnya facebook.
Untuk mengatasi dan meminimalkan hacking akun facebook, disini saya akan berbagi mengenai tips-tips bagaimana menjaga akun facebook dari tangan-tangan jahat para hacker:

1. Gunakan password yang berbeda antara email dan akun Facebook anda. Karena bila kedua hal tersebut sama passwordnya bisa berakibat fatal. Hacker dengan mudah mengambil alih kedua akun tersebut untuk disalahgunakan.
2. Sebaiknya, tidak menampilkan informasi email pada informasi akun. Atau gunakan setting pengaturan yang melihat informasi akun Facebook (search setting). Dengan hanya mengetahui email, seorang hacker bisa saja menjebol passwordnya dengan menggunakan berbagai program cracker / generate password. Software tersebut dapat mengenerate (acak) password dari suatu akun apapun.
3. Gunakan password yang tidak berhubungan langsung dengan informasi anda. Baik tanggal lahir, tempat, nama, dll. Pastikan password anda unik dan menggunakan kombinasi huruf kapital dan angka untuk mempersulit hacker dalam mengenerate passwordnya.
4. Hati-hati saat anda memasuki halaman login Facebook. Pastikan ejaan alamat URL http://www.facebook.com/  tertulis dengan BENAR. Bila terdapat perbedaan huruf 1 pun pada login Facebook dapat dipastikan itu adalah alamat login palsu. Yang tentu saja dapat merekam id email dan password yang dimasukan pada kolom login. Hal tersebut dikenal dengan FAKE LOGIN. Informasi tentang hal ini dapat dengan mudah anda temukan di internet.
5. Ganti password secara berkala. Terutama saat anda bermain internet di warnet, seringkali data akun anda direkam oleh program illegal semacam keyloggerdan lain lain. Segera ganti password akun facebook anda di tempat yang lebih aman guna menghindari pencurian akun Facebook.
6. Periksa PENGATURAN AKUN pada Facebook anda, pastikan tidak ada email lain yang terdapat pada kontak email anda. Ingat Fasilitas Facebook menyediakan beberapa email yang dapat dijadikan akses login pada suatu akun.Bila ditemukan, HAPUS lah dengan segera email yang tidak dikenal itu. Karena alamat email tersebut juga bisa digunakan untuk akses akun Facebook anda.
7. JANGAN melayani konfirmasi pada aplikasi yang tidak dikenal yang membutuhkan akses masuk langsung pada login akun Facebook anda. Apalagi ada permintaan untuk data email dan password. Hal ini sering terjadi dengan adanya email masuk pada inbox yang menyertakan link dan permintaan konfirmasi.
8. Tidak mendownload Aplikasi yang mengklaim aplikasi Facebook, contoh ZYNGA POKER. Pihak ZYNGA TEXAS HOLDEM POKER Facebook tidak pernah menyarankan anda melakukan hal tersebut, Karena system aplikasi mereka sudah terintegral dengan Facebook.
Itulah beberapa tips untuk menjaga keamanan akun Facebook anda, yang saya rangkum dari berbagai informasi.

Semoga bermanfaat …


Source: http://www.amronbadriza.com/2011/09/tips-menjaga-akun-facebook_19.html#ixzz2SBDwSs1Q

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |