Tasu'a ialah hari yang
ke-9 dari bulan Muharram, sedang 'Asyura’ adalah hari yang ke-10
dari bulan tersebut.
Puasa Muharram |
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ : كَانَتْ
قُرَيْشٌ تَصُوْمُ عَاشُوْرَاءَ فِى اْلجَاهِلِيَّةِ وَ كَانَ رَسُوْلُ
اللهِ ص يَصُوْمُهُ. فَلَمَّا هَاجَرَ اِلَى اْلمَدِيْنَةِ صَامَهُ وَ
اَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ شَهْرُ رَمَضَانَ، قَالَ: مَنْ شَاءَ
صَامَهُ وَ مَنْ شَاءَ تَرَكَهُ. البخارى و مسلم و الترمذى و ابو داود و
ابن ماجه و احمد و مالك و الدارمى
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Adalah kaum Quraisy berpuasa ‘Asyura’
pada masa jahiliyah dan Rasulullah SAW juga berpuasa. Maka setelah
berhijrah ke Madinah, beliau tetap berpuasa ‘Asyura’ dan memerintahkan
kepada para shahabat untuk berpuasa pada hari itu. Maka setelah
diwajibkan puasa di bulan Ramadlan, lalu beliau bersabda, “Barangsiapa
yang ingin berpuasa ‘Asyura’ silakan berpuasa, dan barangsiapa yang
ingin meninggalkannya silakan tidak berpuasa”. [HR. Bukhari, Muslim,
Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, Malik dan Darimiy]atau (HR.
Muslim juz 2, hal. 792)
عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ اَبِى سُفْيَانَ
قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ هذَا يَوْمُ
عَاشُوْرَاءَ وَ لَمْ يُكْتَبْ عَلَيْكُمْ صِيَامُهُ وَ اَنَا صَائِمٌ.
فَمَنْ شَاءَ صَامَ وَ مَنْ شَاءَ فَلْيُفْطِرْ. البخارى و مسلم
Dari Mu’awiyah bin Abu Sufyan, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya hari ini adalah hari 'Asyura’
tetapi tidak diwajibkan atas kamu puasa hari ini, sedang aku berpuasa.
Oleh sebab itu, barangsiapa ingin berpuasa silakan berpuasa, dan
barangsiapa ingin tidak berpuasa, silakan tidak berpuasa". [HR. Bukhari
dan Muslim]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ : قَدِمَ
رَسُوْلُ اللهِ ص الْمَدِيْنَةَ فَوَجَدَ اْليَهُوْدَ يَصُوْمُوْنَ يَوْمَ
عَاشُوْرَاءَ فَسُئِلُوْا عَنْ ذلِكَ، فَقَالُوْا: هذَا اْليَوْمُ
الَّذِيْ اَظْهَرَ اللهُ فِيْهِ مُوْسَى وَ بَنِيْ اِسْرَائِيْلَ عَلَى
فِرْعَوْنَ، فَنَحْنُ نَصُوْمُهُ تَعْظِيْمًا لَهُ. فَقَالَ النَّبِيُّ ص:
نَحْنُ اَوْلَى بِمُوْسَى مِنْكُمْ فَاَمَرَ بِصَوْمِهِ. البخارى و مسلم و
الترمذى و ابو داود و ابن ماجه و احمد و الدارمى
Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata : Ketika
Rasulullah SAW tiba di Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi
berpuasa ‘Asyura’. Lalu mereka ditanya (Rasulullah SAW) tentang hal itu.
Maka jawab mereka, “Hari ini adalah suatu hari yang Allah memberikan
kemenangan kepada Nabi Musa dan Bani Israil atas Fir’aun, maka kami
berpuasa pada hari ini untuk mengagungkannya”. Lalu Nabi SAW bersabda,
“Kalau begitu kami lebih berhaq terhadap Nabi Musa daripada kalian”.
Kemudian beliau memerintahkan untuk berpuasa 'Asyura’. [HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad dan Darimiy]atau [HR. Muslim juz 2, hal. 295]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض يَقُوْلُ:
حِيْنَ صَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَ اَمَرَ بِصِيَامِهِ،
قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظّمُهُ اْليَهُوْدُ وَ
النَّصَارَى. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: فَاِذَا كَانَ اْلعَامُ
اْلمُقْبِلُ اِنْ شَاءَ اللهُ صُمْنَا اْليَوْمَ التَّاسِعَ. قَالَ: فَلَمْ
يَأْتِ اْلعَامُ اْلمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفّيَ رَسُوْلُ اللهِ ص. مسلم و
ابو داود
Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata : Ketika Rasulullah SAW berpuasa ‘Asyura’
(hari ke sepuluh) dan beliau memerintahkan untuk berpuasa pada hari
itu, para shahabat berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya hari itu adalah
suatu hari yang diagung-agungkan oleh kaum Yahudi dan Nashara”. Lalu
Rasulullah SAW bersabda, “Jika aku masih hidup sampai tahun depan, insya
Allah kami akan berpuasa Taasi’a (hari ke sembilan). Ibnu ‘Abbas
berkata, “Ternyata belum sampai tahun berikutnya beliau telah wafat”.
[HR. Muslim dan Abu Dawud]atau [HR. Muslim juz 2, hal. 798]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض اَنَّ
اَهْلَ الْجَاهِلِيَّةِ كَانُوْا يَصُوْمُوْنَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَ
اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص صَامَهُ وَ اْلمُسْلِمُوْنَ قَبْلَ اَنْ يُفْتَرَضَ
رَمَضَانُ. فَلَمَّا افْتُرِضَ رَمَضَانُ قَالَ رَسُولُ اللهِ ص: اِنَّ
عَاشُوْرَاءَ يَوْمٌ مِنْ اَيَّامِ اللهِ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ، وَ مَنْ
شَاءَ تَرَكَهُ. البخارى و مسلم و ابو داود و ابن ماجه و احمد و الدارمى
Dari 'Abdullah bin ‘Umar RA, bahwasanya orang-orang di masa jahiliyah mereka berpuasa ‘Asyura’ dan
bahwa Rasulullah SAW beserta kaum muslimin juga berpuasa pada hari itu
ketika belum diwajibkan berpuasa Ramadlan. Maka ketika sudah diwajibkan
berpuasa Ramadlan, Rasulullah SAW bersabda,“Sesungguhnya ‘Asyura’ itu
adalah satu hari diantara hari-harinya Allah. Maka barangsiapa ingin
berpuasa hendaklah ia berpuasa, dan barangsiapa yang ingin tidak
berpuasa, silakan tidak berpuasa”. [HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu
Majah, Ahmad dan Darimiy]
Dari 'Abdullah bin 'Umair
(Barangkali ia mengatakan dari 'Abdullah bin 'Abbas RA, ia berkata) :
Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya kalau aku masih hidup
sampai tahun depan, niscaya aku berpuasa hari ke-9 (bulan Muharram)".
[HR. Muslim juz 2, hal. 798]
و فى لفظ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لَئِنْ بَقِيْتُ اِلىَ قَابِلٍ لاَصُوْمَنَّ التَّاسِعَ. مسلم
Dan dalam satu lafadh, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya kalau aku masih hidup sampai tahun depan, niscaya aku berpuasa hari ke-9 (bulan Muharram)". [HR. Muslim]
عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ رض
قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ
سَنَةٌ اَمَامَهُ وَ سَنَةٌ خَلْفَهُ. وَ مَنْ صَامَ عَاشُوْرَاءَ غُفِرَ
لَهُ سَنَةٌ. الطبرانى فى الاوسط باسناد حسن
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy RA, ia berkata :
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa ‘Arafah, diampuni
baginya (dosanya) setahun yang lalu dan setahun berikutnya. Dan
barangsiapa yang berpuasa ‘Asyura’, diampuni baginya (dosanya) satu
tahun”. [HR. Thabrani, di dalam Al-Ausath dengan sanad hasan]_______________________________________________________
Berikut ini hadits dla'if tentang puasa tanggal 10 dan 11 muharram :
Dari Ibnu ‘Abbas, ia
berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Puasalah kalian pada hari
‘Asyura’ dan selisihilah kaum Yahudi. Puasalah sehari sebelum
atau sehari sesudahnya”. [HR. Ahmad juz 1, hal. 518, no. 2154]
Dari Ibnu ‘Abbas, ia
berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah kalian pada hari
‘Asyura dan selisihilah kaum Yahudi, puasalah sehari sebelumnya
atau sehari sesudahnya”. [HR. Ibnu Khuzaimah juz 3, hal. 290, no.
2095]
Keterangan :
Hadits riwayat Ahmad
dan Ibnu Khuzaimah di atas dla’if, karena dalamsanadnya ada perawi
bernama Ibnu Abi Laila, ia jelek hafalannya. Ibnu Abi Laila, namanya
adalah Muhammad bin’Abdur Rahman, bin Abi Laila Al-Anshariy. Yahya
bin Sa’id mendla’ifkannya. Ahmad bin Hanbal berkata, “Ia buruk
hafalannya, mudltharibul hadiits. Ibnu Hibban berkata, “Ia buruk,
banyak kelirunya dan buruk hafalannya, banyak meriwayatkan
hadits-hadits munkar. [Lihat Tahdzibut Tahdzib juz 9, hal. 268, no.
503]
Diantara kaum muslimin ada yang menganggap bahwa hari ‘Asyura’ mempunyai keutamaan-keutamaan yang luar biasa, diantaranya sbb :
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ
رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ افْتَرَضَ عَلَى بَنِى
اِسْرَائِيْلَ صَوْمَ يَوْمٍ فى السَّنَةِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَ هُوَ
اْليَوْمُ اْلعَاشِرُ مِنَ اْلمُحَرَّمِ، فَصُوْمُوْهُ وَ وَسّعُوْا عَلَى
اَهْلِيْكُمْ فِيْهِ، فَاِنَّهُ مَنْ وَسَّعَ عَلَى اَهْلِهِ مِنْ مَالِهِ
يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَسَّعَ عَلَيْهِ سَائِرَ سَنَتِهِ، فَصُوْمُوْهُ
فَاِنَّهُ اْليَوْمُ الَّذِى تَابَ اللهُ فِيْهِ عَلَى آدَمَ، وَ هُوَ
اْليَوْمُ الَّذِى رَفَعَ اللهُ فِيْهِ اِدْرِيْسَ مَكَانًا عَلِيًّا، وَ
هُوَ اْليَوْمُ الَّذِى نَجَّى فِيْهِ اِبْرَاهِيْمَ مِنَ النَّارِ، وَ
هُوَ اْليَوْمُ الَّذِى اَخْرَجَ فِيْهِ نُوْحًا مِنَ السَّفِيْنَةِ، وَ
هُوَ اْليَوْمُ الَّذِىْ اَنْزَلَ اللهُ فِيْهِ التَّوْرَاةَ عَلَى
مُوْسَى، وَ فِيْهِ فَدَى اللهُ اِسْمَاعِيْلَ مِنَ الذَّبْحِ، وَ هُوَ
اْليَوْمُ الَّذِى اَخْرَجَ اللهُ يُوْسُفَ مِنَ السّجْنِ، وَ هُوَ
اْليَوْمُ الَّذِى رَدَّ اللهُ عَلَى يَعْقُوْبَ بَصَرَهُ، وَ هُوَ
اْليَوْمُ الَّذِى كَشَفَ اللهُ فِيْهِ عَنْ اَيُّوْبَ اْلبَلاَءَ، وَ هُوَ
اْليَوْمُ الَّذِى اَخْرَجَ اللهُ فِيْهِ يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ اْلحُوْتِ،
وَ هُوَ اْليَوْمُ الَّذِى فَلَقَ اللهُ فِيْهِ اْلبَحْرَ لِبَنِى
اِسْرَائِيْلَ، وَ هُوَ اْليَوْمُ الَّذِى غَفَرَ اللهُ لِمُحَمَّدٍ
ذَنْبَهُ مَا تَقَدَّمَ وَ مَا تَاَخَّرَ، وَ فِى هذَا اْليَوْمِ عَبَرَ
مُوْسَى اْلبَحْرَ، وَ فِى هذَا اْليَوْمِ اَنْزَلَ اللهُ تَعَالىَ
التَّوْبَةَ عَلَى قَوْمِ يُوْنُسَ، فَمَنْ صَامَ هذَا اْليَوْمَ كَانَتْ
لَهُ كَفَّارَةٌ اَرْبَعِيْنَ سَنَةً، وَ اَوَّلُ يَوْمٍ خَلَقَ اللهُ مِنَ
الدُّنْيَا يَوْمُ عَاشُوْرَاءَ، وَ اَوَّلُ مَطَرٍ نَزَلَ مِنَ
السَّمَاءِ يَوْمُ عَاشُوْرَاءَ، و اَوَّلُ رَحْمَةٍ نَزَلَتْ يَوْمُ
عَاشُوْرَاءَ، فَمَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ فَكَاَنَّمَا صَامَ
الدَّهْرَ كُلَّهُ، وَ هُوَ صَوْمُ اْلاَنْبِيَاءِ، وَ مَنْ اَحْيَا
لَيْلَةَ عَاشُوْرَاءَ فَكَاَنَّمَا عَبْدَ اللهَ تَعَالىَ مِثْلَ
عِبَادَةِ اَهْلِ السَّموَاتِ السَّبْعِ، وَ مَنْ صَلَّى اَرْبَعَ
رَكَعَاتٍ يَقْرَأُ فِي كُلّ رَكْعَةٍ اْلحَمْدَ مَرَّةً وَ خَمْسِيْنَ
مَرَّةً قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ غَفَرَ اللهُ خَمْسِيْنَ عَامًا مَاضٍ وَ
خَمْسِيْنَ عَامًا مُسْتَقْبَلٍ وَ بَنَى لَهُ فِي اْلمَلإِ اْلاَعْلَى
اَلْفَ اَلْفِ مِنْبَرٍ مِنْ نُوْرٍ، وَ مَنْ سَقَى شَرْبَةً مِنْ مَاءٍ
فَكَاَنَّمَا لَمْ يَعْصِ اللهَ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَ مَنْ اَشْبَعَ اَهْلَ
بَيْتِ مَسَاكِيْنَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، مَرَّ عَلَى الصّرَاطِ
كَاْلبَرْقِ اْلخَاطِفِ.
وَ مَنْ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ
يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ فَكَاَنَّمَا لَمْ يَرُدَّ سَائِلاً قَطُّ، وَ مَنِ
اغْتَسَلَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لَمْ يَمْرَضْ مَرَضًا اِلاَّ مَرَضَ
اْلمَوْتِ، وَ مَنِ اكْتَحَلَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لَمْ تَرْمَدْ
عَيْنَيْهِ تِلْكَ السَّنَةِ كُلّهَا، وَ مَنْ اَمَرَّ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ
يَتِيْمٍ فَكَاَنَّمَا بَرَّ يَتَامَى وَلَدِ آدَمَ كُلَّهُمْ، وَ مَنْ
صَامَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ اَعْطَى ثَوَابَ عَشْرَةِ اَلْفِ مَلَكٍ، وَ
مَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ اَعْطَى ثَوَابَ اَلْفِ حَاجّ وَ
مُعْتَمِرٍ، وَ مَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ اَعْطَى ثَوَابَ اَلْفِ
شَهِيْدٍ، وَ مَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ كُتِبَ لَهُ اَجْرُ سَبْعِ
سَموَاتٍ وَ فِيْهٍ خَلَقَ اللهُ السَّموَاتِ وَ اْلاَرَضِيْنَ
وَاْلجِبَالَ وَاْلبِحَارَ، وَ خَلَقَ اْلعَرْشَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ،
وَخَلَقَ اْلقَلَمَ يَوَْم عَاشُوْرَاءَ، وَ خَلَقَ اللَّوْحَ يَوْمَ
عَاشُوْرَاءَ، وَ خَلَقَ جِبْرِيْلَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَ رَفَعَ
عِيْسَى يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَ اعْطَى سُلَيْمَانَ اْلمُلْكَ يَوْمَ
عَاشُوْرَاءَ، وَ يَوْمُ اْلقِيَامَةِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَ مَنْ عَادَ
مَرِيْضًا يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ فَكَاَنَّمَا عَادَ مَرْضَى وَلَدِ آدَمَ
كُلَّهُمْ.
Dari Abu Hurairah, ia
berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa
Jalla telah mewajibkan kepada Bani Israil puasa sehari dalam satu
tahun, yaitu pada hari ‘Asyura’, yaitu hari yang ke sepuluh di
bulan Muharram, maka berpuasalah kalian (ummat Islam).
Pada hari itu dan berilah
kelonggaran nafqah untuk keluarga pada hari itu, karena barangsiapa
memberikan kelonggaran nafqah pada keluarganya dari hartanya pada
hari ‘Asyura’, Allah akan meluaskan rezqinya pada tahun itu. Maka
berpuasalah kalian pada hari itu, karena pada hari itu Allah telah
menerima taubatnya Nabi Adam.
Pada hari itu Allah
mengangkat Nabi Idris ke tempat yang tertinggi.
Pada hari itu Allah
menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api.
Pada hari itu Allah Allah
mengeluarkan Nabi Nuh dari kapal,
Pada hari itu Allah
menurunkan Taurat kepada Nabi Musa.
Pada hari itu Allah
menebusi (mengganti) Nabi Isma’il dari sembelihan.
Pada hari itu Allah
mengeluarkan Nabi Yusuf dari penjara.
Pada hari itu Allah
mengembalikan penglihatan Nabi Ya’qub.
Pada hari itu Allah
menghilangkan bala’ (penderitaan) Nabi Ayyub.
Pada hari itu Allah
mengeluarkan Nabi Yunus dari perut ikan.
Pada hari itu Allah
membelah laut untuk Bani Israil.
Pada hari itu Allah
mengampuni dosa Nabi Muhammad, yang terdahulu maupun yang akan
datang. Pada hari itu Nabi Musa menyeberang laut (Merah).
Pada hari itu Allah
Ta’aalaa menurunkan taubat kepada kaumnya Nabi Yunus.
Maka barangsiapa puasa
pada hari itu, akan menjadi kaffarah (penebus dosa) selama empat
puluh tahun.
Pertamanya hari Allah
menciptakan dunia ini adalah hari ‘Asyura’.
Pertamanya turun hujan
dari langit adalah hari ‘Asyura’.
Pertamanya rahmat turun
adalah hari ‘Asyura’.
Maka barangsiapa puasa
‘Asyura’, seolah-olah ia puasa satu tahun penuh. Dan itu adalah
puasanya para Nabi.
Barangsiapa yang
menghidupkan malam ‘Asyura’, seolah-olah ia beribadah kepada
Allah Ta’ala seperti ibadahnya penghuni langit yang tujuh.
Barangsiapa yang shalat
empat rekaat, dan setiap rekaat membaca Al-Fatihah satu kali, dan
membaca Qulhuwalloohu ahad lima puluh kali, maka Allah mengampuni
dosanya lima puluh tahun yang lalu dan lima puluh tahun yang akan
datang, dan Allah akan membangunkan untuknya satu juta mimbar dan
cahaya di tempat yang tertinggi.
Barangsiapa memberi minum
seteguk air, maka seolah-olah ia tidak pernah berma’shiyat kepada
Allah, walaupun sekejap mata. Barangsiapa memberi makan sampai
kenyang pada keluarga orang-orang yang miskin pada hari ‘Asyura’,
maka ia tidak pernah sakit melainkan sakit ketika akan mati.
Barangsiapa yang memakai
celak pada hari ‘Asyura’ maka pada tahun itu pandangan kedua
matanya tidak akan kabur.
Barangsiapa yang
mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, maka seolah-olah ia
berbuat baik kepada semua anak yatim anak Adam.
Barangsiapa berpuasa pada
hari ‘Asyura’ maka Allah akan memberi pahala sepuluh ribu
malaikat.
Barangsiapa berpuasa pada
hari ‘Asyura’ maka Allah akan memberi pahala seribu hajji dan
‘umrah.
Barangsiapa puasa pada
hari ‘Asyura’, maka Allah akan memberi pahala seribu orang yang
mati syahid.
Barangsiapa berpuasa pada
hari ‘Asyura’, maka dicatat untuknya pahala (sebesar) tujuh
langit.
Pada hari itu Allah
menciptakan langit, bumi, gunung dan laut. Allah menciptakan ‘Arsy
pada hari ‘Asyura’, menciptakan qalam (pena) pada hari ‘Asyura’,
menciptakan Al-Lauhul Mahfudh pada hari ‘Asyura’, menciptakan
malaikat Jibril pada hari ‘Asyura’, mengangkat Nabi ‘Isa pada
hari ‘Asyura’, memberikan kerajaan kepada Nabi Sulaiman pada hari
‘Asyura’. Hari qiyamat akan terjadi pada hari ‘Asyura’.
Dan barangsiapa menjenguk
orang sakit pada hari ‘Asyura’, maka seolah-olah ia menjenguk
orang-orang yang sakit dari anak Adam semuanya.
[Diambil dari kitab
“Al-Maudluu’aat susunan Al-Imam Abul Faraj ‘Abdur Rahman bin
‘Aliy bin Al- Jauziy, Al-Qurasyi juz 2, hal. 200, hadits ini
palsu]
______________________________________________________________
Sumber : http://salampathokan.blogspot.com
0 comments:
Post a Comment