Selasa, 14 Mei 2013

Masakan Sasak


1. KANDOQ ARES
Ares adalah salah satu jenis masakan khas masyarakat suku Sasak dan diwariskan secra turun temurun oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu. Ares biasanya ditemukan pada upacara begawe seperti begawe merariq, begawe nyunatang, begawe ngurisang, begawe nyiwak, dan begawe lain yang sejenis. Kandoq ares dihidangkan sebagai pecawis atau masakan pendahuluan pada setiap upacara begawe, karena tanpa kandok ares upacara begawe rasanya tidak lengkap.
kandok ares
Kandoq Ares dibuat dari bahan batang pisang muda yang dikupas samapai kelihatan lapisan yang berwarna putih bersih dan terasa lembek kemudian diiris tipis-tipis dengan pisau, setelah itu irisan-irisan tersebut dicampur dengan garam dan diremas-remas untuk mengeluarkan airnya dengan maksud ketika dimasak tidak terlalu banyak airnya dan ragi atau bumbunya dapat meresap pada pori-pori batang pisang yang telah di iris.
Setelah proses pengurangan air pada irisan batang pisang tersebut kemudian dibuatkan bumbu atau ragi. Bumbu atau ragi ares dibuat dengan bahan-bahan dari santan kelapa, kunyit, cabe merah besar, cabe rawit, merica, kencur, pala, lada, garam, terasi dan penyedap rasa. Semua ragi tersebut ditumbuk jadi satu sampai halus barulah digoreng sampai matang.
Ragi yang sudah matang dimasukkan dalam kuali besar atau panci besar yang sudah berisi santan. Irisan batang pisang jangan dimasukkan dulu sebelum santan yang bercampur ragi mendidih.
Masukkan irisan batang pisang pada kuah yang berisi santan sudah mendidih, kemudian aduk perlahan-lahan agar semuanya kena dengan ragi. Kandoq Ares akan matang apabila semua irisan batang pisangnya sudah berwarna cokelat.
=================================================================
Sumber : Bahan Ajar Muatan lokal gumi sasak untuk SD/MI Kelas VI oleh H. Sudirman dkk.

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |