Jumat, 17 Mei 2013

Cara Memperkuat Sinyal Modem Menggunakan Wajan Bolic


  A. Peralatan 1
1) Wajan diameter 36? (semakin besar diameter wajan semakin bagus) bisa di dapat di toko ato memulung disekitar rumah anda.
2) PVC paralon tipis diameter 3? 1 meter
3) Doff 3? (tutup PVC paralon) 2 buah
4) Aluminium foil
5) USB WLAN/Modem + Karet untuk melindungi dari air
6) Baut + mur ukuran 12 atau 14
7) USB Connector female (conector cewex)
8) Kabel UTP
9) Double tape + lakban

B. Peralatan 2
1) 1 bungkus rokok + Teh Anget
2) Tang + Obeng +Kunci Pas No 13-14
3) Soder + Timah
4) Penggaris
5) Cutter + Gunting
6) Mesin Bor + Mata Bor 3 Inci
7) Gergaji besi.
Memperkuat Sinyal Modem, Signal Modem, Huawei, Flash, Smartfren, ZTE, Etisalat, PutuGiBagi
C. Cara Pembuatan Singkat
1) Potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feeder nya (daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder nya gunakan rumus di atas.
2) Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan N Connector, untuk itu gunakan rumus antenna kaleng.
3) Potong kawat tembaga yang sudah disiapkan sesuai dengan ukuran yang didapatkan dari hasil kalkulasi website di atas. Dan solderkan pada N Connector yang telah di siapkan
4) Selanjut nya, bungkus PVC paralon dengan dgn aluminium foil pada daerah selain feeder, klo aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk merekatkan nya bisa menggunakan double tape
5) Lalu pasangkan N connector ke PVC Paralon yang telah dilubangi td
6) Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung dekat dengan N Connector harus di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil
7) Dan pasangkan doff tersebut ke PVC paralon
8) Kemudian, wajan yang telah di bolongi tadi dipasangkan dengan doff yang satu nya lagi, sebelum nya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran bautyang sudah di siapkan, dan kencangkan secukup nya.
9) Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.
D. Cara Pembuatan Detail Wajan Bolic
Detail proses pembuatan antenna wajanbolic ala slimdog adalah sebagai berikut :
1) Siapkan material yang dibutuhkan.
2) Lubangi wajan, siapkan dop pralon 3" dan dop pralon 1.25" yang di bor di tengahkan. Kemudian baut dop pralon 3" ke dasar wajan.
3) Siapkan USB WLAN. Tutup USB WLAN dengan karet untuk melindungi USB WLAN dari hujan.
4) Masukan USB WLAN yang dilindungi karet ke pralon 1.25" sebagai dudukan. Posisikan USB WLAN sekitar 5.3 cm dari ujung pralon yang paling jauh dari wajan.
5) Dop untuk di letakan di ujung pralon 3". Semua dinding dop pralon ditutup dengan lakban aluminium. Kombinasi dop pralon yang di lapisi lakban alumunium dan pralon yang ditutupi kalban aluminium sebetulnya menjadi konstruksi antenna kaleng. Di ambil foto dari muka.
6) Paralon 3" dilapis lakban aluminium sepanjang 20cm, tidak sampai ujung. Sisakan beberapa sentimeter yang dihitung dari fokus wajan. Lubangi paralon sekitar 5.3 cm dari ujung, untuk connector USB WLAN.
7) Setelah melapisi pipa paralon dengan lakban aluminium, masukkan USB WLAN kedalam pipa paralon dengan jarak sekitar 5.3 cm(sesuai pengukuran sebelumnya) dari ujung pralon.
8) Selanjutnya tutup pipa paralon diatas dengan dop 3 inci. Pastikan dop 1,25 yang dirakit bersamaan dengan dop 3 terpasang tepat pada pipa paralon 1,25 tempat dipasang USB wifi.
9) Setelah dipasangkan dop 3, selanjutnya pipa paralon di pasangkan ke dop 3 yang sudah dirakit bersama wajan bolik. Pastikan posisinya sesuai dengan konektor USB wifi yang terpasang pada pipa paralon.
10) Selesai sudah perakitan Antena Wajan Bolik ala slimdog. Sambungkan kabel USB yang sudah di perpanjang dengan kabel UTP.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber : http://putugibagi.blogspot.com/2013/03/cara-mudah-memperkuat-sinyal-modem.html

0 komentar:

Poskan Komentar

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |