Tuesday, May 28, 2013

Materi Ujian CPNS 2013


materi ujian cpns, materi ujian cpns akuntansi download, contoh materi ujian cpns akuntansi, materi ujian cpns 2013, materi tes cpns 2013, contoh soal cpns lkpp, soal ujian cpns
Kali saya ingin berbagi tentang Materi ujian cpns yang saya dapatkan dari penerimaan cpns info. Materi ujian CPNS terdiri dari: Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Materi TKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi dibuat oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri.

TKD dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif. TKD diikuti oleh semua pelamar umum yang memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Tes Wawasan Kebangsaan
Tes Wawasan Kebangsaan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilainilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi :
(1) Pancasila;
(2) Undang Undang Dasar 1945;
 (3) Bhineka Tunggal Ika; dan
(4) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).

Tes Intelegensi Umum
Tes Intelegensi Umum dimaksudkan untuk menilai :
(1) Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
(2) Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
(3) Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
(4) Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi
Tes Karakteristik Pribadi untuk menilai :
(1) Integritas diri;
(2) Semangat berprestasi;
(3) Orientasi pada pelayanan;
(4) Kemampuan beradaptasi;
(5) Kemampuan mengendalikan diri;
(6) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
(7) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
(8) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;
(9) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain;
(10) Orientasi kepada orang lain; dan
(11) Kreativitas dan inovasi.

Tes Kompetensi Bidang (TKB)
TKB dimaksudkan untuk mengukur kemampuan dan/atau keterampilan peserta ujian yang berkaitan dengan kompetensi jabatan atau pekerjaan. Materi soal TKB disesuaikan dengan formasi jabatan atau pekerjaan. Dengan demikian, materi soal TKB untuk jabatan yang satu berbeda dengan jabatan yang lain.

PPK Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota menetapkan soal TKB untuk lowongan formasi jabatan fungsional tertentu berdasarkan materi ujian yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional tertentu. Contoh:
(1) Bagi pelamar Perancang Peraturan Perundang-undangan, materi ujian pengetahuan substansi yang berkaitan dengan teknik penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan, disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional Perancang Peraturan Perundangundangan;
(2) Bagi pelamar profesi Perawat, materi ujian pengetahuan substansi yang berkaitan dengan keperawatan, disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional Perawat;
(3) Bagi pelamar Penyuluh Perikanan, materi ujian pengetahuan substansi yang berkaitan dengan perikanan, disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional Penyuluh Perikanan.

Terima kasih Anda sudah membaca  Materi Ujian CPNS 2013. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda.

Bagi yang membutuhkan contoh Soal CPNS Terbaru 2013 silahkan klik di sini

Tags yang terkait dengan materi ujian cpns, materi ujian cpns akuntansi download, contoh materi ujian cpns akuntansi, materi ujian cpns 2013, materi tes cpns 2013, contoh soal cpns lkpp, soal ujian cpns.
_____________________
Sumber : http://www.penerimaan-pns.info/2013/03/inilah-materi-ujian-cpns-2013.html#.UaVuxqx3BH0

0 comments:

Post a Comment

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |