Wednesday, April 24, 2013

Kelebihan dan kekurangan netbook


abstract-cartoon-laptop-computers-thumb4633294
Setelah mengetahui seluk beluk netbook. Sekarang ada baiknya kita tahu kelebihan dan kelemahan sebuah netbook. Netbook selain mudah dibawa,ringan dan beberapa kelebihan lainnya ternyata juga memiliki kelemahan. Nah supaya lebih jelas berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan netbook.
Kelebihan dari netbook:
1. Ringan dibawa
Dengan berat yang rata2 hanya 1kg-an,perangkat yang satu ini memang sangat nyaman untuk dibawa pergi2. Karena dengan berat yang “hanya” 1kg-an,tentu sangat ringan dan mudah untuk dibawa.
2. Ukuran kecil
Dengan catatan anda membeli netbook ukuran 8-10 inchi bisa dikatakan netbook mudah untuk dibawa karena ukurannya yang kecil. Namun sekarang juga ada netbook ukuran 14 inchi,dan tentu ini sama saja dengan ukuran notebook.
3. Daya tahan baterai
Daya tahan baterai bisa dibilang lebih kuat daripada abangnya si notebook.
Berikut ini kelemahan netbook:
1. Kinerja
Sebenarnya dengan intel atom yang setara dengan intel celeron ini bisa dibilang cukup untuk memenuhi kebutuhan standar sebuah netbook,seperti surfing,cek email,chating. Kalo mungkin ingin menambah aplikasi seperti office masih mampu.
Namun apabila termasuk orang yang tak pernah puas dan selalu tergoda untuk lebih maju. Seperti anda menambahkan aplikasi pengolah gambar misal photoshop atau corel,bahkan adobe premier,tentu netbook bakal kewalahan. Bukan gak mungkin bakal gak berumur panjang.
*Ini sedikit kelebihan dan kekurangan intel atom=
Kelebihan=
-daya super irit, menggunakan teknik pembuatan processor terbaru
-dingin, bahkan untuk versi desktopnya gak perlu kipas
ukurannya kecil, cocok untuk perangkat portable
Kekurangan=
-kinerja rendah,tidak multicore
-hanya cocok digunakan untuk kalangan terbatas saja
(tidak untuk gamer, design grafis, video editing, dll)
2. Input dan Output device
Rata2 di netbook hanya memiliki usb port sebagai perangkat “penyalur” data. Dan ada yang belum memiliki optical drive. Jadi kalo anda bekerja secara “komplet” mungkin kurang pas menggunakan netbook.
3. Daya tahan netbook
Sampai saat ini saya belum pernah denger atau menemukan kemampuan netbook yang bisa bekerja selama berjam2. Dalam arti mampu digunakan bekerja dalam waktu lama. Sedangkan notebook saya pernah menemui langsung bekerja 18jam lebih dalam sehari.
4. Ukuran dan bentuk
Dibalik ukurannya yang kecil dan ringan, tentu ada beberapa kelemahannya. Seperti mata cepat lelah kalo ukuran layar terlalu kecil,apalagi melototin selama berjam2. Dengan bentuk yang kecil,ukutan keyboard pun juga kecil. Dan bila anda sering ngeblog mungkin akan kurang nyaman dalam mengetik.
Jadi Bisa dikatakan netbook adalah pilihan funsional dan kebutuhan anda. Bila anda merasa netbook sudah pas untuk anda dan tentunya sesuai kebutuhan anda, maka bisa dikatakan cukuplah si mungil ini menjadi teman anda bekerja. Semoga bermanfaat.
=======================================================================
Sumber : http://arifjayarana.wordpress.com/kelebihan-dan-kekurangan-netbook/

0 comments:

Post a Comment

| Guru Madrasah Blog © 2013. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Edited by Abdul Hanan | Back To Top |